Tentang Kami

LATAR BELAKANG

Pembeli Adalah Raja, Benarkah ?
Seiring dengan kemajuan jaman, kondisi usaha dan persaingan bisnis diberbagai bidang, dari hari ke hari semakin kompleks. Tajamnya persaingan dalam menjalankan usaha mewajibkan setiap pengusaha barang maupun jasa berjuang keras untuk memenangkan persaingan dengan tujuan akhir adalah meraih keuntungan yang sebesar besarnya. Selain dalam dimensi nyata, perkembangan bisnis di alam maya yaitu melalui media Internet juga sedemikian pesat kemajuannya.
Disatu sisi, salah satu pihak sebagai pelaku dalam transaksi jual beli barang atau jasa adalah pengguna (user) atau konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual/penyedia jasa.
Para calon konsumen (pengguna) dalam hal ini adalah sebagai pembeli barang atau jasa, yang seringkali diibaratkan sebagai “Raja” oleh para penjual, namun tidak jarang pada saatnya mendapatkan perlakuan dan pelayanan purna jual yang tidak semestinya, yang berujung pada kekecewaan atas produk atau jasa yang telah dibelinya.
Kekesalan , kekecewaan bahkan rasa penyesalan dari pihak konsumen (pembeli) merupakan rangkaian peristiwa yang tidak terpisahkan dari proses transaksi, akan timbul dengan sendirinya, manakala terdapat kasus ketidakpuasan atas kondisi tertentu dari suatu produk atau jasa yang telah digunakan.
Belum lagi adanya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh oknum penjual yang mengarah kepada kasus kasus pidana antara lain penipuan, pemalsuan, kebohongan publik dan masalah kriminal lainnya, semakin memposisikan pembeli untuk menyandang predikat sebagai ”pelengkap penderita’. Pada kondisi ini, jelaslah para konsumen akan merasa dirugikan baik secara moral maupun material.
Dengan mengamati fenomena negatif pada hubungan kepuasan pembeli terhadap barang atau jasa yang ditawarkan penjual seperti pada permasalahan diatas, hal ini mendorong kami untuk membuat suatu langkah yang mungkin belum cukup berarti, namun masih lebih baik daripada tidak dimulai sama sekali, yaitu membentuk suatu wadah bagi para pengguna produk dan jasa juga termasuk dalam area dunia maya dimana seluruh anggota yang tergabung disini adalah memiliki suatu pandangan dan sikap yang sama untuk memerangi ketidakjujuran dan ketidaktahuan atas segala transaksi jual beli produk dan atau jasa.
Maksud dan Tujuan
Media yang mewadahi para konsumen dan pengguna produk dan jasa ini adalah berupa sebuah perkumpulan di dunia maya dengan nama KOMUNITAS PENGGUNA PRODUK, LAYANAN DAN INTERNET INDONESIA atau disingkat KOMPLAIN.
Maksud dan tujuannya antara lain adalah :
1. Sebagai media komunikasi antar anggota sebagai sesama pengguna barang atau jasa atas produk atau jasa tertentu.
2. Memberikan informasi perihal kasus kasus ketidakpuasan pelanggan semata mata dengan tujuan sebagai referensi bagi para pengguna/ konsumen dan sebagai masukan untuk memperbaiki mutu produk dan layanan bagi pihak penjual/produsen.
3. Tempat berinteraksi antara pembeli dan penjual, terutama dalam periode purna jual, dimana para pembeli/konsumen diberikan kesempatan seluas luasnya untuk menyatakan ketidakpuasannya secara obyektip, dan kepada para penjual/produsen dapat memberikan penjelasan dan tanggapan sebaik baik baiknya dan atau untuk meluruskan apabila terdapat perbedaan penafsiran (dispute) meliputi kualitas produk/layanan dan proses transaksi. Semuannya itu haruslah bermuara kepada kepuasan pelanggan (Costumer Satisfaction).
4. Penyediaan informasi barang dan jasa yang tersedia di pasar dengan maksud agar para anggota dapat lebih mengetahui atau mamahami produsen dengan produk/jasa yang ditawarkannya dan mengurangi tingkat ketidakpuasan pelanggan.
5. Merupakan salah satu sarana pengaduan dan perlindungan hukum kepada konsumen/pengguna barang/jasa.
Namun demikian, maksud dan tujuan diatas hanya bisa terealisasi dengan baik apabila memperoleh dukungan penuh dari para anggotanya sendiri, sebab bagaimanapun juga sebagai sebuah komunitas, peran serta dan kontribusi para anggota sangat diharapkan, terutama dalam memberikan saran dan informasi bahkan kritik yang konstruktip, agar media ini dapat berkembang dengan baik dan benar benar memberikan manfaat nyata kepada seluruh anggota.
Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga media ini dapat memenuhi harapan.
Selamat bergabung di situs KOMPLAIN.INFO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon menulis dengan kalimat yang santun, terima kasih